Pada dunia game terdapat hal-hal yang wajib diketahui, salah satunya
kunci utama dalam permainan tersebut, apakah yang harus dilakukan pada
game tersebut, serta alat dan aturan yang mendefinisikan konteks
keseluruhan permainan.
Kunci-kunci utama / komponen-komponen utama yang ada pada game biasanya didasari atas beberapa hal, diantaranya:
1. Alat
Game biasanya dibuat dan diklasifikasikan oleh komponen yang diperlukan
untuk bermain. Sebagai contoh pada game / permainan sepak bola. Bola
telah menjadi bagian permainan populer sepanjang sejarah, mengakibatkan
popularitas di seluruh dunia dari permainan bola seperti rugby, basket,
sepak bola, kriket, tenis, dan bola voli. Pada contoh ini yang dimaksud
sebagai alat dan kunci utamanya adalah bola. Ada banyak contoh alat lain
yang biasanya dijadikan kunci utama pada sebuah permainan, misalnya
miniatur, bola, kartu, papan dan potongan, atau komputer.
2. Aturan
Ketika alat dijadikan sebagai kunci utama, maka tidak akan berpengaruh
tanpa aturan yang telah ditentukan / disepakati oleh player, kadangkala
sudah ada peraturan default / yang biasa dipakai, namun terkadang
adapula aturan yang dibuat sendiri untuk pengkhusussan. Aturan biasanya
menentukan giliran, hak dan tanggung jawab dari para pemain, dan tujuan
masing-masing pemain. Sebagai contoh aturan pada catur, bagaimana skak
math, atau bagaimana kuda dapat memangsa musuhnya, dan lain sebagainya.
3. Keterampilan, strategi, dan kesempatan
Alat permainan dan aturan akan menghasilkan keterampilan yang
membutuhkan, strategi, keberuntungan, atau kombinasi keduanya, dan
diklasifikasikan sesuai:
Permainan keterampilan termasuk permainan keterampilan fisik,
seperti gulat, tarik tambang, hopscotch, menembak sasaran, dan saham,
dan permainan keterampilan mental seperti catur dan catur.
Permainan strategi meliputi catur, catur, go, arimaa, dan tic-tac-toe, dan sering membutuhkan peralatan khusus untuk memainkannya.
Permainan kesempatan termasuk permainan judi (blackjack,
mah-yong, rolet, dll), serta ular tangga dan batu, kertas, gunting,
peralatan paling membutuhkan seperti kartu atau dadu. Namun, kebanyakan
game mengandung dua atau tiga unsur ini. Sebagai contoh, American
football dan bisbol melibatkan baik keterampilan fisik dan strategi
sementara tiddlywinks, poker, dan Monopoli menggabungkan strategi dan
kesempatan. Banyak kartu dan permainan papan menggabungkan ketiga,
sebagian besar trik-mengambil permainan melibatkan keterampilan mental,
strategi, dan unsur kebetulan, seperti yang dilakukan banyak permainan
papan strategis seperti Risiko, Settlers of Catan, dan Carcassonne.
Single-player game
Kebanyakan game memerlukan beberapa pemain. Namun, permainan
single-player yang unik sehubungan dengan jenis tantangan yang dihadapi
pemain. Tidak seperti permainan dengan beberapa pemain bersaing dengan
atau melawan satu sama lain untuk mencapai tujuan permainan, permainan
satu pemain adalah pertempuran semata-mata terhadap unsur lingkungan
(lawan buatan), dengan keterampilan sendiri, melawan waktu, atau melawan
kemungkinan . Bermain dengan yo-yo atau bermain tenis melawan dinding
umumnya tidak diakui sebagai memainkan pertandingan karena tidak adanya
oposisi yang tangguh.
Hal ini tidak berlaku untuk menggambarkan permainan komputer sebagai
single-player di mana komputer menyediakan oposisi. Jika komputer
hanyalah pembukuan, maka permainan mungkin sah single-player.
Banyak permainan digambarkan sebagai "single-player" dapat disebut benar-benar teka-teki atau rekreasi.
Referensi: http://gamedesignconcepts.pbworks.com/w/page/11829082/Level 3: Elemen-elemen formal game
0 komentar:
Posting Komentar