0

Pengertian Game Online & Offline

Sabtu, 14 Maret 2015
Tekonologi games online diilhami oleh penemuan metode networking komputer tahun 70-an oleh militer di Amerika. Dari konsep inilah dikembangkan berbagai fitur baru termasuk game. Pertama jaringan yang digunakan masih Lokal Area Network (LAN). Kesininya sudah menggunakan jaringan yang luas melalui jalur www (world wide web) atau internet yang bisa diakses via nirkabel. Tidak seperti kirim email atau browsing yang tinggal langsung klik IE (internet explorer), netscape navigator, atau opera browsing, untuk bisa memainkan game online kita harus meng-install dulu program game-nya. Tentunya agar lebih asyik, perangkat keras (hardware) yang digunakan harus memadai juga.
Berbeda dengan game biasa. Di game online kita harus mendaftar atau register terlebih dahulu. Tidak semua games online dapat dimainkan secara gratis, beberapa di antaranya ada yang memerlukan registrasi atau pembuatan member yang memerlukan sejumlah biaya. Biasanya games yang tidak memerlukan sejumlah biayan untuk pemnbuatan member, kita hanya perlu register dan dapat langsung memainkannya. Sedangkan untuk games yang tidak gratis, kita harus memasukan source code yang ada pada voucher games yang kita beli. Di dunia games on line kita mengenal adanya level pada permainan. Untuk tahap awal, kita harus memulai pada level satu. Kemudian level akan bertambah seiring dengan tingkat kemampuan kita untuk memainkan permainan tersebut. Pada games on line kita pasti memiliki sebuah id character yang harus kita jaga agar id character kita dapat “diperhitungkan “ di dunia maya.
Banyak sekali jumlah game online yang dapat dimainkan. Mulai dari game arcade sampai game perang atau petualangan. Contohnya ada catur online yang disediain Yahoo! dan juga pool (biliard) online dari Yahoo!. Sementara game online lainnya ada Gunbound, Ragnarok, Laghaim, Spiderman 2, Final Fantasy, Roadrash, bahkan game startegi seperti Rise of Nations keluaran Microsoft dan Big Huge yang dapat dimainkan.
Di Indonesia, on line game mulai berkembang di pertengahan 90-an, saat game Nexia beredar. Dan sekarang, salah satu game yang lagi digandrungi adalah Ragnarok online (RO), sebuah game yang diangkat dari komik berjudul sama. RO adalah sebuah game yang cukup fenomenal karena tak hanya booming di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. “RO sangat digemari karena menawarkan kekuasaan penuh atas karakter yang diciptakan dan memberikan banyak pilihan, apakah karakter tersebut akan menjadi karakter yang beruntung, lemah, pemurah atau yang lainnya,” kata Alvanov. “Pemain dapat menciptakan karakter sesuai dengan keinginan, bahkan terkadang sifat pemain dapat tercermin dalam karakter yang diciptakannya.” Bagi penggemar RO sendiri, kesempatan untuk bertemu dengan gamer lain adalah salah satu daya tariknya. Bila dalam game offline kita hanya dapat bermain dengan orang yang terbatas, lewat RO kita dapat bermain dengan begitu banyak orang.
KESIMPULANNYA :
Perbedaan game online dengan game offline itu, untuk game online terhubung dengan jaringan internet. Biasanya kita harus mendaftar atau register terlebih dahulu. Tidak semua games online dapat dimainkan secara gratis, beberapa di antaranya ada yang memerlukan registrasi atau pembuatan member yang memerlukan sejumlah biaya. Biasanya games yang tidak memerlukan sejumlah biaya untuk pembuatan member, kita hanya perlu register dan dapat langsung memainkannya. Sedangkan untuk games yang tidak gratis, kita harus memasukan source code yang ada pada voucher games yang kita beli. Di dunia games on line kita mengenal adanya level pada permainan. Untuk tahap awal, kita harus memulai pada level satu. Kemudian level akan bertambah seiring dengan tingkat kemampuan kita untuk memainkan permainan tersebut. 
Untuk game offline, kita tidak perlu mendaftar atau registrasi terlebih dahulu, karena game offline biasanya sudah terinstall pada PC kita, atau bila kita bermain pada play station/nitendo kita cukup membeli cd atau software game yang ingin kita mainkan.
Ref : http://oliviajuliandae.blogspot.com/2013/03/game.html

Ref : http://lukecommunity.blogspot.com/2012/10/pengertian-game-game-berasal-dari-kata.html
0

KLASIFIKASI GAME

Seperti yang telash saya janjikan di akhir dari penulisan artikel saya yang kedua yang berjudul Pembuatan game. Pada penulisan artikel saya yang ketiga ini yang masi bertemakan tentang game development saya akan menjelaskan tentang klasifikasi dari suatu game
Sebenernya ada apa aja sih klasifikasi dari game itu????
Bagi kalian yang ingin membuat suatu game, maka kalian haruslah mengetahui klasifikasi game yang akan kalian buat itu apa agar tidak melenceng dari konsep yang telah dibuat sebelumnya.
Nah, sekalian sharing aja… saya akan menjelaskan beberapa klasifikasi suatu game berdasarkan dengan jenis platform yang digunakan dan Berdasarkan “Genre” Permainannya.
Silakan dibaca-baca agar kita dapat sedikitnya memahami tentang klasifikasi dari game yang akan kita buat nanti……


BERDASARKAN JENIS PLATFORM YANG DIGUNAKAN

Arcade games
Arcade games atau kalo di Indonesia sih sering di sebut dengan ding-dong, biasanya berada di daerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan “menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).
PC Games
PC games adalah video games yang dimainkan menggunakan Personal Computers.
Console games
Console games adalah video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.
Handheld games
Handheld games adalah video games yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana atau disebut juga dengan portable console, contohnya seperti Nintendo DS dan Sony PSP.
Mobile games
Mobile games adalah video games yang dapat dimainkan atau khusus dimainkan untuk mobile phone atau PDA.
BERDASARKAN “GENRE” PERMAINANNYA
RTS (Real Time Strategy)
Real Time Strategy adalah genre suatu permainan komputer yang memiliki ciri khas berupa permainan perang yang tiap pemainnya memiliki suatu negara, negara tersebut di kelola dalam hal pengumpulan sumberdaya (alam, manusia, ekonomi), pengaturan strategi pasukan-pasukan tempur, diplomasi dengan negara tetanga, peningkatan ekonomi, pengembangan keyakinan, pengembangan pendidikan dari negara primitif menuju peradaban modern. RTS dibedakan dari turn-based strategy dimana dalam RTS permainan tidak mengenal giliran. Setiap pemain dapat mengatur/memerintah pasukannya dalam waktu apapun. Dalam RTS, tema permainan dapat berupa sejarah (misalnya seri Age of Empires), fantasi (misalnya Warcraft) dan fiksi ilmiah (misalnya Star Wars).
FPS (First Person Shooter)
Jenis permainan tembak-menembak dengan tampilan pada layar pemain adalah sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan, tiap tokoh karakter mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam tingkat akurasi menembak, reflek menembak,dll. Permainan ini dapat melibatkan banyak orang. Permainan ini bisa berupa misi melumpuhkan penjahat maupun alien, kadang juga sejumlah pemain dibagi beberapa tim yang bertugas melumpuhkan tim lainnya, sebelum dilumpuhkan. Ciri utama lain adalah penggunaan senjata genggam jarak jauh.
Ex : Duke Nukem 3D, Quake, Blood, Unreal, Unreal Tournament, seri Half-Life, Counter-Strike, seri Halo, Perfect Dark, TimeSplitters, Call of Duty, System Shock, dan GoldenEye 007.
RPG (Role Playing Game)
adalah sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Para pemain memilih aksi tokok-tokoh mereka berdasarkan karakteristik tokoh tersebut, dan keberhasilan aksi mereka tergantung dari sistem peraturan permainan yang telah ditentukan. Asal tetap mengikuti peraturan yang ditetapkan, para pemain bisa berimprovisasi membentuk arah dan hasil akhir permainan ini.
Dalam sebuah permainan RPG, jarang ada yang “kalah” atau “menang”. Ini membuat permain RPG berbeda dari jenis permainan papan lainnya seperti Monopoli atau Ular Tangga, permainan kartu, olah raga, dan permainan lainnya. Seperti sebuah novel atau film, permainan RPG mempunyai daya tarik karena permainan-permainan ini mengajak para pemain untuk menggunakan imajinasi mereka. RPG biasa lebih mengarah ke kolaborasi sosial daripada kompetisi. Pada umumnya dalam RPG, para pemain tergabung dalam satu kelompok.
Ada 2 jenis game RPG, antara lain :
- LARP (Live-Action Role-Playing)
permainan RPG di mana para pemain bisa melakukan gerakan fisik tokohnya oleh si pemain sendiri, biasanya para pemain memakai kostum dan menggunakan alat-alat yang sesuai dengan tokoh, dunia dan cerita yang dia mainkan.
- MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game)
adalah permainan role-playing game (RPG) yang melibatkan ribuan pemain untuk bermain bersama dalam dunia maya yang terus berkembang pada saat yang sama melalui media internet dan jaringan.
Ex : World of Warcraft, The Lord of the Rings Online: Shadows of Angmar, Final Fantasy, Ragnarok, DoTA.
Life Simulation Games
Permainan simulasi kehidupan ini meliputi kegiatan individu dalam sebuah tokoh karakter. Dalam memainakn tokoh karakter tersebut pemain bertanggung jawab atas inteligen serta kemampuan fisik dari tokohnya tersebut. Tokoh karakter tersebut memerlukan kebutuhan layaknya manusia seperti kegiatan belajar, bekerja, belanja, bersosialisasi, memelihara hewan, memelihara lingkungan dan lain-lain. Lawan mainnya bisa berupa pemain lain yang memainkan karakter sebagai tetangga maupun komputer dengan kecerdasan buatan tingkat tinggi.
Ex : SimLife, Second Life.
Construction and Management Simulation Games
Permainan yang mensimulasikan proyek membangun sebuah kota, pemain di haruskan membangun sebuah kota lengkap dengan fasilitas public maupun fasilitas pemerintah seperti gedung, alat transportasi publik, taman, sekolah, rumah sakit, tempat beribadah, pabrik, bandara, stasiun, bank dan bangunan lainnya lainnya. saat membangun kota tersebut pemain juga harus memperhatikan sumber daya ekonomi, kenyamanan para penduduknya dalam beraktifitas yang mungkin terganggu saat pembuatan jembatan penyebrangan dan lain-lain.
Ex : SimCity, Caesar.
Vehicle Simulation
Jenis permainan ini mensimulasi pengoperasian beberapa kendaraan, kendaraan bisa berupa pesawat terbang, pesawat tempur, kereta, kendaraan perang, maupun kendaraan konstruksi.
Ex : FlightGear, Tram, Orbiter.
Action Game
Permainan jenis ini sangat berkaitan dengan tantangan fisik, seperti ketangkasan, reflek dari pemain. Dalam permainan ini pemain mengendalikan seorang tokoh karakter, tokoh karakter yang dimainkan bisa dihadapkan dengan tokoh karakter lain yang bertarung berhadapan bisa juga menjalankan sebuah misi yang banyak rintangan, mengumpulkan objek tertentu, mengalahkan musuh, maupun menyelamatkan karakter lainnya.
Ex : Street Fighter
Adventure Game
Permainan yang menggunakan tokoh karakter fiksi yang bertugas mengekplorasi memecahkan sebuah misteri atau kasus, memburu harta karun, maupun menyelamatkan tokoh karakter buatan. Banyak dari game ini diangkat dari sebuah novel populer maupun film biskop.
Action-Adventure Game
Permainan bertualngan yang dikombinasikan dengan aksi bertarung, menghadapi rintangan maupun memecahkan teka-teki.
Ex : Tomb Raider, Indiana Jones.
Manager Simulation
Permainan yang mensimulasikan menjadi seorang manager dalam sebuah klub sepakbola.
Ex : Championship Manager.
Racing
Adalah salah satu jenis permainan yang bernuansakan balap kendaraan. Disini kita bisa mengontrol sendiri kendaraan yang kita miliki maupun kita bisa menongtrolnya bersama-sama dengan partner kita.
Ex : CTR (Crash Team Racing), Need For Speed.
Sport
Game bergenre ini bertemakan olahraga seperti pada umumnya, Kita dapat mengontrol manusia yang diibaratkan kita sendiri di dalam game tersebut. Yang membedakan adalah kita disini tidak benar-benar berolahraga, melainkan tokoh yang kita mainkanlah yang melakukan kegiatan tersebut.
Ex : PES 2010, Winning Eleven
Art
Game yang bergenre ini sangat jarang sekali ditemukan, dikarenakan mungkin masih kurang peminatnya. Sehingga masih kurang perusahaan pembuat game yang mengeluarkannya.

Sebenarnya apa sih makna game online???

Sebenarnya game online tidak jauh berbeda dengan game pada umumnya, game online menggunakan jaringan internet sehingga game jenis ini dapat dimainkan oleh banyak orang dari tempat yang bebrbeda, mulai dari lintas daerah hingga lintas dunia. Bgai para penikmat game ini yang tidak memiliki koneksi internet di rumah biasanya mereka akan merelakan waktu dan materi mereka untuk menikmati game ini. Salah satu keunggulan game online adalah kita dapat berinteraksi langsung antara pemain yang satu dengan pemain yang lainnya., sehingga factor inilah yang membuat game ini sangat menarik dan mempunyai daya interaktif yang tinggi. Game jenis ini juga dapat membuat sebuah tali persaudaraan yang kuat dikarenakan para pemainnya sealu bermain bersama-sama dan saling membantu satu sama lainnya. Namun salah satu dampak buruk dari game ini (mungkin game pada umumnya) adalah membuat orang lupa waktu dikarenakan terlalu asik memainkan game ini dkarenakan factor-faktor unggulan yang ada.
Untuk jenis game ini diperlukan server dan client. Server adalah penyedia layanan gaming yang merupakan basis agar client-client yang terhubung dapat memainkan permainan dan melakukan komunikasi dengan baik. Suatu server pada prinsipnya hanya melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client-client. Sedangkan client adalah pengguna permainan dan memakai kemampuan server. Saya sendiri sudah pernah memainkan game online ini sekitar pada tahun 2000-an, saat itu game online yang sedang booming adalah Counter Strike dan Ragnarok Online. Contoh dari game ini adalah Ragnarok Online (dari banyak server yang tersedia), Risk Your Life (RYL) part I, II, III, GunBound, Seal Online, Pandora Saga Online, Ayo Dance. World Of Warcraft (WoW), Travian (dari berbagai server), Perfect World, Rohan Online, RF Online (dari berbagai server), dan masih banyak lagi.
referensi :
http://styaaje.wordpress.com/2010/02/17/tugas-minggu-i/
0

Sejarah Perkembangan Game

Sejarah Perkembangan Game.
Asal usul permainan video/video game terletak pada awal tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali sistem pada akhir 1940-an. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam permainan sederhana lainnya di era tahun 1950-an.  Pada akhir 1950-an dan melalui tahun 1960-an, lebih banyak permainan komputer yang dikembangkan (kebanyakan di komputer mainframe), secara bertahap tingkat kecanggihan dan kompleksitasnya pu turut bertambah. Setelah periode ini, video game menyimpang ke berbagai platform: arcade, mainframe, konsol, pribadi komputer dan kemudian permainan genggam.
Perusahaan komersial pertama konsol permainan video adalah Computer Space pada 1971, yang meletakkan dasar bagi industri hiburan baru di akhir 1970-an di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa.  tapi ini perusahaan tidak bertahan lama ini sebagian besar disebabkan oleh banjir dari video game yang datang ke pasar mengakibatkan keruntuhan total industri game konsol di seluruh dunia, akhirnya menggeser dominasi pasar dari Amerika Utara ke Jepang. Tapi inihanya mempengaruhi pasar game konsol, pasar game komputer sebagian besar tidak terpengaruh.  Generasi selanjutnya dari konsol video game akan terus didominasi oleh perusahaan-perusahaan Jepang.  Walaupun beberapa upaya akan dilakukan oleh Amerika Utara dan perusahaan-perusahaan Eropa, generasi keempat konsol, usaha mereka pada akhirnya akan gagal. . Tidak sampai generasi keenam konsol permainan video akan non-perusahaan Jepang merilis sebuah sistem konsol sukses secara komersial. Pasar telah mengikuti jalan yang sama dengan beberapa kali gagal dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Amerika yang semuanya gagal di luar beberapa keberhasilan terbatas dalam permainan elektronik genggam sejak dini.  Saat ini hanya perusahaan-perusahaan Jepang memiliki sukses besar konsol game handheld, walaupun dalam beberapa tahun terakhir permainan genggam telah datang ke perangkat seperti ponsel dan PDA .
Generasi Pertama
Generasi pertama konsol permainan video berlangsung dari tahun 1972, dengan rilis dari Magnavox Odyssey, hingga 1977, ketika “pong”-style produsen konsol meninggalkan pasar secara massal karena pengenalan dan keberhasilan mikroprosesor berbasis konsol

Magnavox Odyssey 200

style game pong
Generasi kedua
konsol generasi 2
konsol generasi 2
Dalam sejarah komputer dan video game, generasi kedua (biasa disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih  4 bit era) dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI. Beberapa contoh konsol game pada generasi kedua dapat dilihat disamping. Dari ki-ka adalah Fairchild Channel F,Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2 ,  Atari 5200
Generasi Ketiga
Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family Computer tau lebih dikenal dengan nama FAMICOM(kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka “bit”. Ini juga masuk ke mode sebagai sistem 16-bit seperti Mega Drive / Genesis dipasarkan untuk membedakan antara generasi konsol. Di Amerika Serikat, generasi ini di game ini terutama didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini pulalah terjadi perang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA.

konsol FAMICOM dan SEGA
Generasi keempat
Generasi keempat atau biasa disebut dengan era 16 bit,pada generasi ini NES mendapat sambutan hangat di seluruh dunia, dan sebuah perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Pada tahun 1988, Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup berhasil memberi tekanan, tetapi NES tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi. Dua tahun berselang, pada 1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo dan Sega menjadi bebuyutan, meskipun ada beberapa produsen seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan Phillips CD-i, tapi kedua konsol mereka begitu handal dan populer.
Tahun 1989
Nintendo merilis game-handheld, Game Boy. Harga: $109.
NEC merilis video game sistem Turbografx-16, PC Engine versi Amerika Utara. Harga: $189.
Sega merilis video game system Sega Genesis. Harga: $249.
Atari merilis game-handheld berwarna pertama Atari Lynx. Harga: $149.
NEC merilis versi yang ditingkatkan dari console PC Engine mereka di Jepang, SuperGrafx. Hanya 5 judul game yang memanfaatkan video game ini dan tidak pernah dijual secara komersial di luar Jepang.
Tahun 1990
Trip Hawkins keluar dari Electronic Arts dan mendirikan 3DO.
NEC merilis Turbografx CD ekspansi untuk Turbografx-16, mengupgrade sistem tersebut dengan CD-ROM. Harga: $399.
SNK merilis Neo-Geo (AES), untuk pertama kalinya sistem yang benar-benar membawa arcade ke rumah. Harga: $699.
SquareSoft merilis Final Fantasy pertama yang nantinya menjadi role-playing game terbaik di sistem console.
Sega merilis game-handheld Game Gear.
Microprose terbentuk.
NEC merilis versi hanheld dari Turbografx-16 console mereka, TurboExpress.
Tahun 1991
Commodore merilis video game rumahan berbasis CD, CDTV. Harga: $999.
Fujitsu merilis FM Towns Marty, console 32-bit pertama di dunia.
Nintendo merilis Super Nintendo. Harga: $199.
Joe Santulli dan Kevin Oleniacz mendirikan Digital Press, publikasi independent kolektor video game berbagai sistem.
Dua penerbit PC entertaintment utama, Cinemaware dan Epyx, tutup.
Tahun 1992
Philips merilis video game rumahan berbasis CD, CD-i.
Sega merilis ekspansi Sega CD untuk Sega Genesis.
Generasi kelima
Generasi kelima atau disebut juga dengan era konsol 32 bit. dimana konsol game yang paling populer pada generasi ini adalah Sony Playstation
[ps.jpg]
Generasi keenam
Generasi keenam ini ditandai dengan munculnya konsol-konsol game next generation dari masing-masing perusahaan seperti SONY, SEGA,Nintendo serta munculnya satu lagi konsol game baru yang diluncurkan oleh Microsoft yang diberi nama Xbox. Perang konsol game ini akhirnya mengakibatkan jatuhnya perusahaan konsol SEGA yang tidak dapat lagi meneruskan konsol next generation(Dreamcast) mereka dan lebih memilih untuk berkonsentrasi dibidang pembuatan game konsol.
[cam.jpg]
Generasi ketujuh
Dikarenakan semakin canggihnya teknologi di bidang teknologi maka kemudian 3 perusahaan konsol terbesar(Sony, Nintendo, dan Microsoft) mengeluarkan kembali konsol next-generation mereka keluaran terbaru. Sony mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama PS3(Playstation 3), lalu Nintendo dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft dengan Xbox 360. Pada generasi ini semakin dikembangkan sistem permainan online atau permainan yang melibatkan banyak pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan semakin ditinggalkannya permainan single player.
Ref : https://g2hcombro.wordpress.com/sejarah-perkembangan-game/
Sekian penjelasan sejarah konsol game dari saya, semoga bermanfaat untuk anda semua sekalian.  Terima Kasih
0

Komponen Utama Game

Pada dunia game terdapat hal-hal yang wajib diketahui, salah satunya kunci utama dalam permainan tersebut, apakah yang harus dilakukan pada game tersebut, serta alat dan aturan yang mendefinisikan konteks keseluruhan permainan.
Kunci-kunci utama / komponen-komponen utama yang ada pada game biasanya didasari atas beberapa hal, diantaranya:
1. Alat
Game biasanya dibuat dan diklasifikasikan oleh komponen yang diperlukan untuk bermain. Sebagai contoh pada game / permainan sepak bola. Bola telah menjadi bagian permainan populer sepanjang sejarah, mengakibatkan popularitas di seluruh dunia dari permainan bola seperti rugby, basket, sepak bola, kriket, tenis, dan bola voli. Pada contoh ini yang dimaksud sebagai alat dan kunci utamanya adalah bola. Ada banyak contoh alat lain yang biasanya dijadikan kunci utama pada sebuah permainan, misalnya miniatur, bola, kartu, papan dan potongan, atau komputer.

2. Aturan
Ketika alat dijadikan sebagai kunci utama, maka tidak akan berpengaruh tanpa aturan yang telah ditentukan / disepakati oleh player, kadangkala sudah ada peraturan default / yang biasa dipakai, namun terkadang adapula aturan yang dibuat sendiri untuk pengkhusussan. Aturan biasanya menentukan giliran, hak dan tanggung jawab dari para pemain, dan tujuan masing-masing pemain. Sebagai contoh aturan pada catur, bagaimana skak math, atau bagaimana kuda dapat memangsa musuhnya, dan lain sebagainya.
3. Keterampilan, strategi, dan kesempatan
Alat permainan dan aturan akan menghasilkan keterampilan yang membutuhkan, strategi, keberuntungan, atau kombinasi keduanya, dan diklasifikasikan sesuai:
Permainan keterampilan termasuk permainan keterampilan fisik, seperti gulat, tarik tambang, hopscotch, menembak sasaran, dan saham, dan permainan keterampilan mental seperti catur dan catur. 
Permainan strategi meliputi catur, catur, go, arimaa, dan tic-tac-toe, dan sering membutuhkan peralatan khusus untuk memainkannya. 
Permainan kesempatan termasuk permainan judi (blackjack, mah-yong, rolet, dll), serta ular tangga dan batu, kertas, gunting, peralatan paling membutuhkan seperti kartu atau dadu. Namun, kebanyakan game mengandung dua atau tiga unsur ini. Sebagai contoh, American football dan bisbol melibatkan baik keterampilan fisik dan strategi sementara tiddlywinks, poker, dan Monopoli menggabungkan strategi dan kesempatan. Banyak kartu dan permainan papan menggabungkan ketiga, sebagian besar trik-mengambil permainan melibatkan keterampilan mental, strategi, dan unsur kebetulan, seperti yang dilakukan banyak permainan papan strategis seperti Risiko, Settlers of Catan, dan Carcassonne.
Single-player game
Kebanyakan game memerlukan beberapa pemain. Namun, permainan single-player yang unik sehubungan dengan jenis tantangan yang dihadapi pemain. Tidak seperti permainan dengan beberapa pemain bersaing dengan atau melawan satu sama lain untuk mencapai tujuan permainan, permainan satu pemain adalah pertempuran semata-mata terhadap unsur lingkungan (lawan buatan), dengan keterampilan sendiri, melawan waktu, atau melawan kemungkinan . Bermain dengan yo-yo atau bermain tenis melawan dinding umumnya tidak diakui sebagai memainkan pertandingan karena tidak adanya oposisi yang tangguh.
Hal ini tidak berlaku untuk menggambarkan permainan komputer sebagai single-player di mana komputer menyediakan oposisi. Jika komputer hanyalah pembukuan, maka permainan mungkin sah single-player.
Banyak permainan digambarkan sebagai "single-player" dapat disebut benar-benar teka-teki atau rekreasi.
Referensi: http://gamedesignconcepts.pbworks.com/w/page/11829082/Level 3: Elemen-elemen formal game
0

Top 10 Team Dota 2 Terbaik Dunia 2014

Selasa, 10 Maret 2015
DOTA (Defense of The Ancients) 
Tahukah anda bahwa DOTA sebenarnya bukan lah produk blizzard akan tetapi DOTA merupakan game yang di ciptakan melalui World Editor. Pembuat asal dari peta DOTA ini merupakan seseorang yang memiliki inisial "Eul".
Setelah perilisan dari Warcraft : The Frozen Throne, dimana dalam ekspansi ini blizzard memberikan fitur World Editor (para editor dapat membuat peta buatannya sendiri), Eul tidak memperbaharui peta DOTA yang di ciptakannya, oleh karena itu para editor lain melakukan beberapa modifikasi pada peta yang awal dari Eul  dimana di tambahkan beberapa fitur-fitur khusus seperti : Hero, Item, dan fitur lainnya.
Walau terdapat berbagai macam versi dari peta DOTA ini salah satu versi yang populer adalah Dota Allstars, merupakan ciptaan dari Steve Feak (Alias : Guinsoo). Peta ini menjadi awal dari muncul nya permainan game DOTA.
Setelah versi dari Dota Allstars 6.0.1, Steve feak memberikan hak ciptanya kepada IceFrog untuk memodifikasi petanya, dimana IceFrog memberikan berbagai macam fitur-fitur baru dan perubahan-perubahan yang dia lakukan melalui ChangeLog.
DOTA 2
Di karenakan kepopuleran Dota pada kalangan remaja pada saat itu, hingga tournament di adakan di seluruh penjuru dunia. Pada 13 oktober 2010, Valve mengumumkan dota 2 yang menggunakan konten platfrom Steam melalui website dari majalah Game Informer.
Pada tahun 2014 ini, menjadi ajang Tournament International DOTA 2 Championships ke-4 yang di selenggarakan di Seattle, WA, USA pada tanggal 18-21 juli.
Memiliki hadiah total yang fantastis yaitu sebesar $ 10,924,474 (konversi dalam rupiah sebesar 133 milyar).
Indonesia masuk dalam kualifikasi dota 2 championships, akan tetapi sangat di sayangkan team indonesia yaitu RRQ (Rex Regum Qeon) kalah di kualifikasi Asia.
TOP 10 TEAM DOTA 2014 setelah Tournament International 4 :
10. LGD Gaming
LGD Gaming merupakan organisasi multigaming yang berasal dari China. Anggota dari Team ini terdiri dari para pemain China dota yang telah bermain lama maupun pendatang baru. Kesuksesan dari LGD Gaming mengantarkan mereka masuk dalam The International 2 DOTA, dimana LGD Gaming memenangkan juara 3.
Anggota LGD Gaming sekarang:
A. Sylar - Liu Jiajun
B. Yao - Yao ZhengZheng
C. InJuly - Yang Xiaodong
D. X!! - Lei Zengrong
E. Faith - Zeng Hongda
9. NATUS VINCERE (Na'vi)
Natus Vincere mungkin dapat di katakan sebagai organisasi paling sukses dalam DOTA berasal dari negara Ukraine. Natus vincere terdiri dari berbagai macam pemain berpengalaman dalam sejarah DOTA dan DOTA 2. pada tahun 2011 Natus VIncere merupakan juara dunia Tournament Intenational 1 DOTA 2.
Moto dari Natus vincere adalah "Expect Unexpected Strategy" (Memperkirakan strategi yang tak terduga)
Anggota Na'vi sekarang :
A. XBOCT - Oleksandr Dashkevych
B. Dendi - Danil Ishutin
C. Funn1k - Gleb Lipatnikov
D. VANSKOR - Ivan Skorokhod
E. Fng - Artem Barshak
Anggota Na'vi terdahulu :
A. Puppey - Clement Ivanov
B. KuroKy - Kuro Salehi Takhasomi
8. ALLIANCE
Alliance merupakan team yang berasal dari swedia, didirikan pada tahun 2012. dimana awal dari team ini berasal dari anggota NoTidehunter, yang kemudian pada tahun 2013, NoTideHunter di undang ke dalam organisasi Alliance.
Alliance memiliki 2 anggota legenda dota, yaitu LODA dan AKKE. Dimana pada tahun 2013 Alliance mengalahkan seluruh team yang berasal dari Barat dan Timur, menjadikan mereka sebagai juara 1 Tournament International 3 pada tahun 2013
Anggota Alliance sekarang :
A. LODA - Jonathan berg
B. AdmiralBulldog - Henrik Ahnberg
C. Akke - Joakim AKterhaal
D. Chessie - Rasmus Blomdin
E. Misery - Rasmus Filipsen

Anggota Alliance terdahulu :
A. S4 - Gustav Magnusson
B. EGM - Jerry lundkvist

7. TEAM TINKER
Team tinker merupakan team eropa yang di ciptakan setelah TI4, dimana terjadinya beberapa perubahan anggota pada team international. Awalnya team ini di umumkan oleh Pajkatt, kemudia setelah pembentukan team ini , angota yang bergabung setelahnya ada SingSing yang meninggalkan Cloud9, kemudian EGM yang meninggalkan Alliance.
Anggota Team Tinker sekarang :
A. SingSing - Weh Sing Yuen
B. Qojqva - Max Broecker
C. EGM - Jerry lundkvist
D. BuLba - Sam Sosale
E. Pajkatt - Per Anders Olsson Lille

6. INVICTUS GAMING (IG)
Invictus Gaming merupakan organisasi yang berasal dari China. Invictus Gaming merupakan juara 2 dari Tournament International 2 DOTA 2 mengalahkan juara bertahan Natus Vincere. Bahkan setelahnya mereka memenangkan berbagai macam tournament seperti WCG 2012, G League 2012, dan ECL 2013.
Anggota IG sekarang :
A. Luo - Luo Yingqi
B. Ferrari_430 - Luo Feichi
C. June - Lin Shiyang
D. Chuan - Wong Hock Chuan
E. Chisbug - Li Chen

5. SECRET TEAM
Team ini merupakan team yang berasal dari anggota Natus Vincere, Alliance dan Fnatic. team ini di bentuk setelah terjadi beberapa perubahan anggota pada team international dota 2. Secret Team melakukan debut tournament pada Star Ladder Star Series 10 - EU/CIS Division.
Anggota Secret Team sekarang :
A. Puppey - Clement Ivanov
B. KuroKy - Kuro Salehi Takhasomi
C. S4 - Gustav Magnusson
D. Simbaa (Fly) - Tal Aizik
E. BigDaddy - Johan Sundstein

4. CLOUD9
Cloud9 merupakan organisasi Esports yang berasal dari North America. Organisasi ini memiliki beberapa team dalam game seperti hearthstone, league of legends, smite, super smash bros, melee dan Dota 2. Cloud9 memulai debut dota 2 dengan menggunakan anggota yang berasal dari Speed Gaming.
Anggota Cloud9 sekarang :
A. EternalEnvy - Jacky Mao
B. FATA- - Adrian Trinks
C. Bone7 - Pittner Armand
D. Aui_2000 - Kurtis Ling
E. Pieliedie - Johan Astrom

3. ViCi Gaming
Vici Gaming merupakan organisasi dota yang berasal dari china, di bentuk pada oktober 2012. Vici Gaming merupakan organisasi yang terkenal sejak kemunculan DOTA. di awal pembentukan DOTA 2 team, Vici Gaming bergabung dengan beberapa organisasi yang kemudian anggota dari team ini berasal dari China seluruhnya.
Anggota Vici Gaming sekarang :
A. Black^ - Dominik Reitmeier
B. SUper - Xie Junhao
C. IceIceIce - Daryl Koh Pei Xiang
D. Fenrir - Lu Chao
E. Fy - Xu Linsen

2. NewBee
Newbee merupakan team yang di bentuk pada tahun 2014, dimana pada saat itu terjadinya beberapa perubahan anggota pada team dota di china. Newbee pun di katakan sebagai DreamTeam oleh Komunitas dota 2 china, dikarenakan anggotanya yang merupakan para pemain dota profesional yang telah terkenal sebelumnya.
Pada tahun 2014, NewBee merupakan juara 1 dari International 2014, dimana mereka berhak memenangkan hadiah tournament sebesar $ 5,028,308 (46% dari total hadiah) jika di rupiahkan sebesar 55 milyar rupiah
Anggota Newbee sekarang :
A. Hao - Chen Zhihao
B. Mu - Zhang pan
C. Rabbit - Wang Zhang
D. Banana - Wang Jiao
E. SanSheng - Wang Zhaohui
F. KingJ - Zhou Yang

Anggota Newbee terdahulu :
A. Xiao8 - Zhang Ning
B. ZSMJ - Gong Jian

1. Evil Genuises (EG)
ah satu organisasi gaming Amerika Utara paling tua sejak tahun 1999. Evil Genuises dikenal memiliki anggota yang berkemampuan tinggi dalam bidang game yang di mainkannya, beberapa divisi game yang dimiliki evil geniuses antara lain :Dota 2,  Starcraft II, League of Legends, Fighting games, Call of Duty : Ghosts.
Anggota Evil Genuises sekarang :
A. Arteezy - Artour babaev
B. Fear - Clinton loomis
C. Universe - Saahil Arora
D. Zai - Ludwig Wahlberg
E. PPD - Peter Dager


Sumber : http://www.tahupedia.com/content/show/517/Top-10-Team-Dota-2-Terbaik-Dunia-2014